Buah Markisa

Saya punya tanaman markisa. Daunnya terlihat hijau segar. Tanamannya berupa ranting yang merambat dengan ditumbuhi daun-daun di sekitarnya dan sangat mudah tumbuh. Bahkan saya gak pernah berniat menanamnya hanya menyebar bijinya ke halaman. Ternyata bisa tumbuh juga
. Merambatnya ranting tumbuhan markisa dapat terjadi pada beberapa media perambatan. Tanaman markisa yang kupunya merambat di pagar besi di depan rumah.
Tanaman ini terbilang tanaman yang bersih. Daun-daunnya tidak mudah rontok. Hijaunya daun-daunan markisa juga sedap dipandang. Tak rugi bila anda juga menanam tumbuhan markisa di halaman rumah anda. Buah markisa yang sedang tumbuh berkembang akan berwarna hijau, sementara ketika matang warnanya menjadi kuning.
Buah markisa manakala belum matang bertekstur luar yang keras dan segar. Kondisi matang buah ini ditandai dengan kulit buah yang berkerut atau mengkerut, tidak lagi bulat, tetapi masih segar.  Tapi aduhai sungguh kecut yang menyegarkan rasa dari buah ini.
Saya rasa buah markisa sama enaknya dengan jeruk nipis bila disajikan dalam sajian minuman hangat maupun es. Cara membuatnya menjadi minuman pun sederhana bahkan ketika kita akan memerasnya (seperti memeras jeruk nipis) kita tidak membutuhkan tenaga besar. Sari buah markisa akan dengan mudahnya mengalir ke gelas minuman kita. Aduhai sungguh kecut yang menyegarkan rasa dari buah ini.

Apa saja kandungan gizi dari buah markisa? Berikut saya sajikan datanya:
  1. Kandungan Gizi
    Jumlah Per 
    Kalori (kcal) 97
  2. Jumlah Lemak 0,7 g
    Lemak jenuh 0,1 g
    Lemak tak jenuh-ganda 0,4 g
    Lemak tak jenuh-tunggal 0,1 g
    Kolesterol 0 mg
    Sodium 28 mg
    Potasium 348 mg
    Jumlah Karbohidrat 23 g
    Serat pangan 10 g
    Gula 11 g
    Protein 2,2 g
    Vitamin A1.272 IUVitamin C30 mg
    Kalsium12 mgZat besi1,6 mg
    Vitamin D0 IUVitamin B60,1 mg
    Vitamin B120 µgMagnesium29 mg

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Limit Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pakaian Adat Jawa Tengah Pria

Pakaian Adat Jawa Tengah Perempuan