Sudah Telatkah?


Tahukah kalian, bahwa
    1. Mushab bin Umair diangkat menjadi duta Islam di Yatsrib (nama Madinah sebelum nabi Hijrah) pada usia 35 tahun. 
    2. Usamah bin Zaid bin Haritsah diangkat oleh Rasulullah menjadi panglima perang melawan pasukan Romawi di Syam pada usia 18 tahun.
    3. Abdurrahman ad-dakhil pendiri dinasti Bani Umayyah di Andalusia saat berusia 19 tahun dikejar-kejar oleh pasukan Abbasiyah dia melarikan diri dari bumi Syam menuju Andalusia dan berhasil menyatukan bumi Andalusia  di bawah kepemimpinannya  pada usia 29 tahun.
    4. Muhammad bin al-Qashim diangkat oleh Hajjaj untuk membebaskan daerah Hindustan atau India pada usia 17 tahun.
    5. Abdurrahman an-Nashir berusia 23 tahun ketika naik tahta sebagai Sultan Umayyah di Andalusia dan berhasil membawa Andalusia pada puncak ilmu pengetahuan di dunia.
    6. Muhammad Al-Fatih membebaskan Kota Konstantinopel (ibukota Romawi Timur) pada usia 21 tahun.
    Banyak sekali para pemuda yang menorehkan masa mudanya untuk sejarah  manusia. mungkin kita berpikir bahwa kita sudah terlambat untuk maju dan bermanfaat bagi manusia karena usia kita sudah tentu lebih lewat dari usia para pendahulu  generasi manusia.

    Namun tahukah kalian bahwa ada seseorang yang cukup sepuh yang punya peran besar untuk agama ini juga, dialah sang pembebas Palestina dan Al quds, kurang lebih usia saat dia membebaskan yaitu 49 tahun. Dialah sosok yang bernama Salahuddin Yusuf al-ayyubi

    Jadi teman-teman, tidak ada suatu alasan apapun yang mengatakan bahwa kita terlambat untuk mempunyai peran pada agama dan bangsa atau umat manusia. Mungkin secara matematika usia kita sudah jauh terlewat bila dibandingkan oleh tokoh-tokoh tadi. ditunjuk Namun bukan itu hakikatnya, tetapi perjuangan untuk bermanfaatlah yang lebih besar artinya daripada sekadar menorehkan angka usia pada sejarah kita. Karena untuk menjadi bermanfaat itu tidak harus menunggu tua atau harus masih muda tapi untuk menjadi bermanfaat hanya perlu keyakinan dan keinginan yang tulus.


    Referensi
    Al Bidayah Wa An Nihayah, karya Ibnu Katsir
    Shalahuddin Al-Ayyubi Sang Penakluk Jerusalem, karya Dr Abdullah Nasih ‘Ulwan
    Bangkit dan Runtuhnya Khilafah Utsmaniyah, karya Prof Dr. Ali Muhammad Ash-Shallabi
    Ensiklopedi Sejarah Islam, karya Tim Riset dan Studi Islam Mesir


Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Limit Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pakaian Adat Jawa Tengah Pria

Pakaian Adat Jawa Tengah Perempuan