Enzim

Enzim merupakan senyawa protein yang berfungsi sebagai katalisator reaksi-reaksi kimia yang terjadi dalam sistem biologi sehingga disebut biokatalisator. Katalisator adalah suatu zat yang mempercepat reaksi kimia, tetapi tidak mempengaruhi hasil akhir reaksi karena zat itu sendiri tidak ikut bereaksi sehingga bentuknya tetap.
Enzim lengkap (holoenzim) terdiri atas
-       Komponen protein (apoenzim) : mudah mengalami denaturasi
-       Komponen non protein : bisa berupa komponen organik dan anorganik. Komponen organik yang terikat kuat oleh protein enzim disebut gugus prostetik. Komponen organik yang terikat lemah disebut koenzim. Sedangkan komponen anorganik yang terikat lemah disebut kofaktor.

Enzim bekerja secara spesifik sehingga hanya dapat bekerja pada substrat tertentu. Rantai samping (gugus R) beberapa asam amino yang membentuk tempat aktif akan mengkatalisis pengubahan substrat menjadi produk, dan produk itu akan keluar dari tempat aktif. Setelah itu, enzim dapat kembali berikatan dengan substrat lainnya.

Faktor yang mempengaruhi kerja enzim :
Suhu, pH, konsentrasi (konsentrasi enzim berbanding lurus dengan kecepatan reaksi), aktivator (adanya zat penggiat kerja enzim), dan inhibitor (zat penghambat kerja enzim).

Selain sisi aktif, pada enzim juga terdapat sisi alosterik.
-       Jika sisi alosterik ini berikatan dengan inhibitor : konfigurasi enzim akan berubah sehingga aktivitasnya berkurang.
a.    Jika inhibitor berikatan dengan sisi aktif enzim, ada kemungkinan enzim bisa kembali aktif jika inhibitor itu lepas dari sisi akif. 
b.    Jika inhibitor berikatan dengan sisi alosterik enzim, kemungkinan berikata kembali dengan substrat lebih minim karena bentuk enzm sudah berubah
-       Jika sisi alosterik berikatan dengan aktivator : enzim jadi aktif.

Sebuah sel bisa mengatur agar tidak terjadi kekacauan kimiawi dalam proses metabolisme, yaitu dengan mengontrol kapan mengaktifkan gen-gen yang mengkode enzim-enzim spesifik.

Comments

Popular posts from this blog

Manfaat Limit Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pakaian Adat Jawa Tengah Pria

Pakaian Adat Jawa Tengah Perempuan